Sejarah Yayasan

Cahaya Indonesia Foundation (CIF) adalah brand dari Yayasan Cahaya Pelangi Indonesia  yaitu sebuah badan hukum berbentuk organisasi non-profit yang berdiri pada tanggal 6 April 2015, sesuai dengan tanggal pencatatan pada salinan akta yang dibuat oleh Notaris Andrea Septiyani SH, Sp.N. yang beralamat di Jalan Raya Ciater No. 72-B RT 005 RW 007, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Cahaya Indonesia Foundation merupakan sebuah gagasan yang lahir dari komunitas sosial yang telah lama berhubungan satu dengan yang lainnya melalui kegiatan sosial, keagamaan dan kemasyarakatan. Para penggagas berdirinya Cahaya Indonesia Foundation aktif terjun langsung dalam kegiatan sosial, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Dari kesamaan aktifitas sosal tersebut, akhirnya disepakati untuk mengaktualisasikan dan mewadahi ide dan gagasan tersebut dalam lingkup yang lebih luas dan terorganisir melalui badan hukum berbentuk yayasan. Selanjutnya melalui pemikiran dan diskusi bersama, disepakati bahwa nama yayasan tidak boleh terkungkung oleh hal-hal yang berbau SARA, namun harus mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan secara universal. Dan tidak lupa menambahkan “Indonesia” sebagai pemersatu sekaligus sebagai wujud rasa nasionalisme.

Akhirnya disepakatilah nama “Cahaya Pelangi Indonesia” yang digunakan sebagai nama yayasan dengan brand Cahaya Indonesia Foundation (CIF). Yang jika diurai kata per kata artinya menjadi, cahaya dapat diartikan petunjuk atau ilmu pengetahuan, pelangi melambangkan keberagaman Indonesia. Sehingga makna harfiahnya adalah Indonesia yang beragam suku bangsa dan agamanya jika dibimbing dengan ilmu ketuhanan akan terwujud kesejahteraan dan perdamaian.

Ruang lingkup kegiatan Cahaya Indonesia Foundation berfokus kepada 3 hal:

  1. Pendidikan
  2. Pemberdayaan masyarakat
  3. Sosial kemanusiaan dan keagamaan
Scroll to Top
Open chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu ?