Halal Bihalal 1436 H YCPI dan Metrodata Group

Belum genap satu bulan event santunan yang bertajuk CERIA RAMADHAN 2015 berlalu, undangan pun datang kembali, yaitu dari keluarga besar Metrodata Group. Undangan acara ini ditujukan dalam rangka Halal Bihalal 1436 H. Tentu saja, kabar baik ini membawa kegembiraan tersendiri kepada segenap pengurus Yayasan Cahaya Pelangi Indonesia (YCPI). Itu artinya, YCPI kembali mendapat kepercayaan dari pihak lain untuk menyalurkan santunannya kepada orang-orang yang membutuhkan, dalam hal ini anak-anak yatim, piatu dan dhuafa. Jika Ramadhan lalu adalah perorangan, kali ini donaturnya adalah perusahaan, yaitu PT. Metrodata Electronics, Tbk. (METRODATA Group), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi.

YCPI, yang memang salah satu bidang kegiatannya adalah sosial, sudah beberapa kali mengadakan acara bakti sosial (baksos) baik ketika masih pra-badan hukum maupun ketika sudah berbentuk yayasan. Oleh karenanya, saat Metrodata Group (Metrodata) meminta YCPI menghadirkan 50 anak yatim dengan rentang usia antara 6 hingga 14 tahun, tentu tidak ada masalah. Karena, YCPI, sudah memiliki beberapa anak asuh yang biasa disantuni secara rutin.

Jatuhnya pilihan Metrodata kepada YCPI, bukan merupakan suatu kebetulan. Saat manajemen Metrodata mengadakan rapat untuk membahas teknis penyaluran CSR, forum rapat memutuskan bahwa untuk tahun ini bentuk CSR adalah dengan mengundang pihak yang akan disantuni ke kantor Metrodata. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perusahaan terjun langsung ke lapangan dengan cara membagi-bagikan bingkisan dan uang kepada anak-anak jalanan dan anak-anak terlantar.

Saat mencari lembaga atau pihak mana yang akan disantuni, salah satu karyawan Metrodata merupakan teman dari Novriansyah, Ketua Divisi Pengembangan SDM YCPI. Oleh karenanya, atas rekomendasi temannya tersebut, maka manajemen Metrodata dalam rapat tersebut memutuskan untuk memilih YCPI.

Atas keputusan tersebut, maka langkah selanjutnya Metrodata menghubungi YCPI. Singkat cerita, setalah kedua belah pihak beberapa kali melakukan komunikasi, Senin, 3 Agustus 2015 pukul 16.00 YCPI dan Metrodata mengadakan pertemuan untuk membahas teknis pelaksanaan event CSR pada tanggal 7 Agustus 2015. Pihak YCPI diwaikili oleh Novriansyah (Divisi SDM), Sukiran (Pengawas), Iman Nurhadiansyah (Ketua), dan Kholilah (Bendahara).

Halal Bihalal Berlangsung Lancar dan Ceria

Kini tibalah saatnya pelaksanaan Halal Bihalal dan CSR di Prudential Training Room, Gedung APL Lantai 41, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Beberapa pengurus dan relawan YCPI pun hadir mengantar 50 anak yatim, piatu dan dhuafa. Diantara 50 anak yatim, piatu dan dhuafa tersebut, di dalamnya sudah termasuk 12 anak yang tergabung dalam sebuah grup marawis, binaan Ibu Rika Junaidi Ismail dari Yayasan Sinar Qolbu, Tangerang Selatan, Banten.

Halal Bihalal Metrodata kali ini mengambil tema “Tetap Semangat dan Istiqomah dalam Menghadapi Perubahan dan Tantangan Hidup”. Acara pun berlangsung meriah.

Tarcisius Tatang, Head of HR Metrodata Group mengawali acara melalui kata sambutan, dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Sjafril Effendi, Direktur Metrodata Group yang secara singkat menegaskan kembali bahwa di saat kondisi ekonomi sedang lemah kita tetap harus berjuang dan bekerja keras agar supaya tetap on track.

Ustad Fikri (Muhammad Syauqi) kemudian memberikan Tausiahnya. Putra mendiang Dai Sejuta Umat, KH. Zainudin Mz, ini mengatakan bahwa orang itu punya penyakit yang namanya kudis (kurang disiplin), kurap (kurang rapih) dan kutil (kurang teliti) yang semuanya itu disebabkan oleh kuman atau kurang iman.

Acara Halal Bihalal 1436 H pun semakin ceria saat grup marawis tampil menghibur penonton yang seluruhnya adalah karyawan Metrodata. Usai grup marawis tampil membawakan beberapa lagu religi, puisi pun dibacakan oleh anak perempuan, masih dari rombongan anak yatim. Makna puisi yang dalam dan penghayatan yang bagus dari pembacanya, menjadikan suasana menjadi khidmat sesuai dengan tema acara “Tetap Semangat dan Istiqomah”.

Sebelum berhalal bihalal, Metrodata melalui Metrodata Care menyampaikan donasi senilai Rp 22.500.000,- yang diserahkan oleh Sjafril Effendi kepada Yayasan Cahaya Pelangi Indonesia dan diterima oleh Iman Nurhadiansyah, Ketua Yayasan. Selain itu juga diberikan paket perlengkapan sekolah dan seperangkat alat sholat kepada 50 anak asuh Cahaya Pelangi.

Sebelum acara Halal Bihalal berakhir, semua yang hadir saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi yang dilanjutkan dengan acara makan bersama. Seluruh peserta, khususnya anak-anak merasa gembira.

Waktu sudah menunjukkan pukul 18.00, acara pun sudah selesai. Kami pun berpamitan dan mengucapkan terima kasih kepada Metrodata.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu ?